Nama domain adalah nama unik untuk mengindentifikasi website anda di jaringan internet.  Secara singkat, domain adalah alamat website. Alamat yang Anda tuliskan pada URL bar browser favorit Anda dengan berakhiran .com, .co.id, .id, .ac.id itulah yang disebut dengan nama domain

Memilih nama domain sama saja dengan memilih nama bisnis, organisasi, atau identitas bisnis anda. Pastikan nama domain yang anda pilih adalah yang mencerminkan jenis bisnis anda dan target market dari bisnis tersebut.

Fungsi domain merupakan alat untuk mengidentifikasi sebuah web hosting. Contoh domain, misalnya adalah askarastudio.com

Askarastudio merupakan website yang ingin Anda tuju, sementara .com merupakan ekstensi domain yang dipilih. Dengan nama domain, Anda tidak perlu lagi untuk mengecek alamat IP dari website yang ingin Anda tuju.

Berikut adalah tips memilih nama domain yang tepat untuk bisnis anda.

 

  • Tentukan Konsep Bisnis Anda

Langkah pertama sebelum menentukan nama domain dan membuat website adalah, anda harus memastikan konsep bisnis. Paling tidak sudah matang, atau jika sudah berjalan malah lebih baik. anda juga harus tahu siapa konsumen yang akan menjadi target market anda. Hal tersebut akan memudahkan anda dalam memilih nama domain.

  • Mudah diketik dan diingat

Dalam memilih nama domain bagus, hal yang paling penting adalah memilih nama yang mudah diketik. Tidak hanya itu, buatlah nama yang unik dan simple sehingga mudah diingat oleh calon konsumen anda. Jika anda memiliki nama domain yang mudah diingat, maka brand anda akan cepat tersebar.

  • Melakukan Pengecekan

Sebelum membuat nama domain lebih baik Anda mengecek terlebih dahulu apakah nama yang Anda gunakan sudah ada yang menggunakan atau belum. Ada beberapa cara untuk memastikan apakah nama domain yang ingin kamu gunakan sudah terpakai atau belum.

Cara yang paling mudah adalah Anda dapat cekketersediaan domain yang ingin anda pilih disini. Jika belum ada yang menggunakan nama tersebut, anda sangat beruntung dan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu membuat website untuk domain Anda.

  • Gabungkan Nama Brand Dan Jenis Usaha

Dalam membuat nama domain, mungkin Anda bisa menggunakan cara lain. Misalnya dengan menggabungkan nama brand Anda dan jenis usaha yang Anda miliki. Sebagai contoh, apabila bisnis Anda bergerak di bidang travel, Anda bisa menambahkan kata “Travel” di dalam domain Anda.

Nama Domain adalah Identitas

Nama domain adalah cermin dari bisnis yang Anda geluti. pastikan nama tersebut singkat, dan mudah di ingat. Memilih nama domain membutuhkan beberapa pertimbangan seperti yang telah dibahas di artikel ini.